SISTEM URINARIA AYAM

Sistem urinaria ayam terdiri dari ginjal (ren) dan ureter. Untuk lebih lengkapnya simak artikel berikut ini.

PT. CIPTA TERNAK SEHAT INDONESIA

Ginjal merupakan peran utama dalam proses penyaringan atau filtrasi darah sehingga dapat memisahkan air dengan zat buangan dan menyerap kembali (reabsorbsi) zat makanan yang masih bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, ginjal juga mengatur derajat keasaman, konsentrasi ion mineral dan komposisi air dalam darah.

Terdapat dua buah ginjal di sisi kiri dan kanan yang memanjang, berlokasi di belakang paru-paru dan menempel pada tulang punggung dari ayam. Masing-masing dari ginjal terdiri atas tiga lobus yang tampak dan jelas. Struktur ginjal terdiri dari glomerulus, tubulus-tubulus kecil yang menjadi unit fungsional utama ginjal.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Setelah melalui ginjal, hasil dari filtrasi akan masuk ke dalam ureter dan bermuara di urodeum lalu menjadi satu di kloaka. Sisa-sisa nitrogen akan dikeluarkan dalam bentuk asam urat dan bentuk semi padat bersama dengan feses. Oleh karena hal ini, maka biasanya pada feses ayam terdapat sedikit warna putih.

Ureter disebut juga ductus mesonephricus. Terdapat sepasang ureter menuju ke caudal (belakang) dari tubuh ayam dan bermuara langsung ke kloaka (urodeum).

Butuh Info Peternakan Terkini, Edukasi, Pendampingan, dan Konsultasi tentang Kesehatan Ternak?

FOLLOW SOSIAL MEDIA KAMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *